Saturday, April 21, 2012

3 Modalitas Kita Untuk Menghadapi Masa Depan



Masa depan sudah di depan mata kita. Dan menjalani masa depan yang penuh tantangan bukanlah sesuatu yang mudah. Setidaknya kita harus memiliki tiga modalitas untuk mempersiapkan masa depan dengan baik. Tiga Modalitas itu adalah :

Pertama adalah  Modal Ilmu. Tanpa ilmu, baik sebagai bangsa maupun sebagai pribadi, kita tidak  akan bisa maju. Hanya mereka yang punya ilmu yang memiliki kehidupan dengan kualitas yang tinggi. Syair masyhur Arab tentang ilmu mengatakan :


“Ta’allam! Fainnal ilma zainun liahlihi. Wa fadhlun wa unwanun likulli mahamidi. Wa kun mustafiidan kulla yaumin ziyadatan minal ilmi, wasbah fii bukhhuril fawaidi.

Belajarlah ! (nek wong jowo ngarani sinauo), Sesungguhnya ilmu itu perhiasan bagi pemiliknya, dan ilmu itu bisa jadi kelebihan serta jadi tanda-tanda bagi setiap hal yang terpuji. Dan setiap hari hendaklah kamu berusaha agar bisa menambah ilmu, dan berenanglah di atas samudera manfaat.  “


Kedua adalah Modal Kesempurnaan Kepribadian. Pelatihan semacam Emotional dan Spiritual Achievement (ESA) ini dapat berperan untuk membentuk kepribadian. Di pelatihan ini tidak akan diajarkan teori relativitas Einstein E=MC2 atau hukum ohm V=I.R. Tapi akan diajarkan bagaimana kita mengasah kecerdasan emosional dan spiritual kita, dan menerapkannya dalam kehidupan kita.


Ketiga adalah Modal Jejaring. Modalitas ini memungkinkan kita untuk dapat bekerjasama dan bersinergi dengan pihak lain, sehingga kita bisa maju lebih cepat. Karena kita tidak mungkin mengerjakan semuanya sendiri, sedangkan ada pihak lain yang punya kelebihan dari kita.

Dengan memiliki tiga modalitas ini, maka kita dapat lebih siap memasuki masa depan dan tentunya dengan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan negara lain.

No comments:




Website counter