Thursday, April 05, 2012

3 Prinsip Utama Dalam Berjuang


Siang ini selepas sholat Dzuhur (5/4/12), kami menyempatkan untuk duduk sejenak sekitar 7 menit untuk mendengarkan petuah dari seorang guru. Guru tersebut mengingatkan kami bahwa setiap orang yang ingin menggapai cita-citanya harus melalui sebuah perjuangan. Dan dalam setiap perjuangan harus memiliki prinsip-prinsip perjuangan. Kalau ada satu dari prinsip perjuangan ini yang tidak dipenuhi, maka cita-cita tersebut "mustahil".

Prinsip pertama adalah kesungguhan. Sebuah kata mutiara arab yang masyhur berbunyi, "man jadda wa jadda" (siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan mendapatkan). Ibnu Hajar ketika sedang menempuh masa belajarnya, ia merasa sudah tak mampu untuk melakukannya. Akhirnya ia memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya. Namun di tengah jalan, dilihatnya sebuah batu yang keras menjadi cekung karena air yang menetes di atasnya. Air yang lembut itu jika terus menerus menetes di atas batu yang keras sekalipun akan menjadi cekung juga. Sama halnya dengan manusia, sebebal-bebalnya manusia jika ia tak pernah berhenti untuk belajar maka cepat atau lambat ia akan mendapatkan ilmu yang dipelajarinya.

Prinsip kedua adalah strategi. Kesungguhan saja belum cukup jika tidak memiliki strategi yang handal. Dalam sebuah perang dikisahkan Rasulullah memerintahkan pasukannya untuk berperang di arah timur. Otomatis, kalau begitu pihak musuh berada di arah barat. Strategi itu ampuh digunakan karena pihak lawan selain harus menghadapi kaum muslimin, mereka juga harus melawan silaunya sinar matahari. Akhirnya peperangan itu dimenangkan oleh kaum muslimin.


Prinsip ketiga adalah keikhlasan. Semua kesungguhan dan kerja keras kita tak akan ada hasilnya jika tidak didasari niat ikhlas. Karena kita bekerja dan berbuat hanya untuk Allah, maka kerja kita akan bernilai ibadah. Sebaliknya jika kerja kita untuk mengharapkan ridho orang lain, maka kita tidak akan mendapat apa-apa selain dari orang tersebut. Dan kalau kita banyak berharap kepada selain Allah, maka siap-siap kita akan kecewa!

Demikianlah tiga prinsip perjuangan yang harus kita pegang di dalam berjuang untuk meraih cita-cita yang kita impikan.

No comments:




Website counter