Wednesday, February 06, 2013

Tak Usah Semuanya, Satu Saja Cukup


Dulu saya pernah aktif di berbagai MLM. Meskipun tak satu pun dari MLM itu memberikan hasil secara materi yang memuaskan, namun saya bisa mendapat banyak pelajaran. Terutama pelajaran bagaimana berkomunikasi dengan orang dan fokus pada tujuan.

Nah, suatu hari upline saya mengirimkan kepada saya sebuah posting entah dari mana asalnya..Isinya tentang keberhasilan itu akan mudah kita dapatkan jika kita fokus pada suatu hal, bukan semua hal. Posting itu sudah saya terima sejak 7 tahun-an yang lalu. Baru belakangan ini setelah rapi-rapi dokumen, saya kembali menemukan posting tersebut. Karena saya khawatir posting dalam bentuk print out kertas tersebut dimakan rayap atau hilang, maka saya niatkan untuk menuliskan kembali posting tersebut dalam terjemahan bahasa Indonesia versi saya :-).

Untuk mendapatkan keberhasilan dengan singkat (maksudnya dapat uang dengan cepat) Wes Blaylock (c2001) mengatakan dengan singkat : "Find it ! Master It ! Duplicate It!"


Temukan, Kuasai dan Duplikasi.

Cara tercepat untuk beralih dari orang yang tidak punya apa-apa menjadi orang yang punya banyak uang adalah dengan tetap fokus. Apa yang saya maksudkan adalah sesuatu yang sederhana. Banyak pendatang baru di internet mencoba untuk mempelajari segalanya dengan semua cara untuk mendapatkan uang.

Mereka membaca semua pelajaran dan newsletter yang bisa mereka dapatkan, mencoba untuk menguasai semuanya. Ini hanya buang-buang waktu kamu saja. Saya pernah mendapatkan sebuah sistem sederhana yang saya gunakan untuk mengajarkan orang-orang dengan cara yang lebih cepat dan lebih efektif. Kamu bisa lihat, kamu tidak harus mengetahui SEGALANYA untuk tahu tentang marketing dan mendapatkan uang secara online.

Yang sejujurnya adalah, ada terlalu banyak informasi di luar sana dan kamu menjadi pusing dengan informasi yang terlalu banyak (overload) yang pada akhirnya kamu tidak kemana-mana. Ini sudah lazim terjadi.

Saya menerima ribuan email dari newbie dan pemula yang tidak tahu harus mulai dari mana. Terlalu banyak cara, apakah aku harus melakukan cara ini atau melakukan cara itu ? Apa cara terbaik yang mesti aku lakukan ? Baiklah, ini adalah proses sederhana yang bisa dilakukan setiap orang agar keluar dari overload itu.

Satu hal yang dapat kamu lakukan hari ini adalah Temukan (bidang yang kamu ingin geluti) ! Kuasai ! dan Duplikasikan ! Itu saja! Yang saya maksudkan disini adalah :

- Temukan media advertising yang menurut kamu bisa kamu nikmati, atau yang bisa kamu gunakan
- Kuasai iklan dengan gaya tersebut sampai benar-benar menguntungkan kamu
- Duplikasikan ke situs atau produk lain untuk seterusnya pemasukan kamu semakin berkembang

Itu yang perlu kamu lakukan!
Terbukti, Sebuah sistem mudah yang dapat diikuti oleh semua orang untuk menghasilkan berton-ton dana cair.

Baiklah..ayo kita lebih dalam lagi !
Saya tidak tahu seseorang yang luar biasa diluar sana yang secara efektif  dapat menggunakan semua teknik marketing.

Saya tahu banyak orang yang mencoba melakukannya, tetapi mereka berhenti menggunakan banyak waktu mereka untuk belajar, dan tidak cukup untuk melakukannya. Mereka akhirnya berhenti dengan sedikit keuntungan bersih yang diperoleh, dan yang pasti waktu mereka habis. Siapa yang menginginkan hal tersebut ? Dan kemudian, saya tahu orang-orang yang hanya melakukan satu teknik, dan mereka sangat mengetahui teknik tersebut dengan baik! Sangat baik!

Mereka menggunakan keterampilan mereka denmgan hanya satu taktik marketing dan mereka membuat keberuntungan! Saya tahu seseorang yang hanya melakukan "search-engine positioning". Ia selalu bisa secara virtual menempatkan situs apa saja di posisi paling atas search engine.

Tetapi, dia tidak bisa menulis email ads (iklan dalam bentuk email), atau membuat (banner ads) iklan banner dan lain sebagainya. Dia hanya bisa bagaimana meletakkan posisi di bagian atas search engine. Itu saja !

Tapii..dia bisa mendapatkan sekitar $20 ribu perminggu. Saya tahu seseorang  yang bisa melakukan opt~in email marketing. Dia tidak melakukan yang lain. Dia juga tidak bisa meletakkan situs di bagian paling atas search engine. Tapi dia bisa mendapatkan lebih dari $100 ribu dalam satu bulan dengan strategi email marketing. Sebagai contoh lainnya, saya kenal dengan seseorang  yang bisa menjual produk senilai $ 1 juta dengan menggunakan banner advertising.

Sekali lagi, ini adalah soal specialty atau keahlian khusus dan inilah yang mereka fokuskan. Ketiga orang tersebut hanya menguasai satu teknik. Mereka tidak mencoba untuk menjadi segalanya untuk semua orang, atau mencoba menjadi guru yang paling hebat yang mengerti segalanya tentang online marketing.

Mereka hanya menemukan satu teknik yang mereka suka, mereka pelajari, dan tidak ada lagi yang mereka lakukan. Dan sekarang ketika mereka membutuhkan lebih banyak uang, mereka tinggal menduplikasi saja. Mereka melakukan duplikasi dengan menggunakan banner ads mereka, atau opt~in email mereka, atau keterampilan search engine mereka untuk mempromosikan produk lainnya.

Mereka hanya mengambil satu program afiliasi yang mereka suka, dan melakukannya. Sekali saja kita menemukan sistem advertising yang teruji, kita dapat melakukannya juga untuk produk baru dan secara instan ia akan menghasilkan uang lebih banyak.

Ada begitu banyak taktik marketing yang bisa kamu dapatkan untuk dikuasai. Ambil satu saja yang kamu suka.

Ada opt~in email campaigns atau ezine advertising, banner ad, pay-per-click ad, search-engine-placement, etc.

Atau jika kamu ingin sedikit memperluas sebuah bidang, kamu dapat mengkhususkan dalam membangun beberapa hal. Menjadi seorang yang ahli dalam membangun kelompok afiliasi yang besar dan bekerja keras, atau membangun daftar opt~in email yang merespon dalam jumlah besar, dan seterusnya.

Jadi ambil satu saja, hanya satu hal dan kamu akan mendapatkan uang, letakkan semua usaha kamu ke dalamnya dan kuasai, selanjutnya duplikasi (istilah kita copy paste) pada produk-produk yang berbeda lainnya. Itulah semua hal yang perlu kamu lakukan.

Sebagai penutup, jika kamu mencoba menguasai segala hal, maka tidak ada yang menghasilkan secara maksimal kepada kamu. Sekali saja kamu betul menguasai satu cara yang kamu terapkan pada produk kamu, dan cara itu menghasilkan uang, MAKA kamu tinggal berpikir untuk menguasai yang lainnya. Tetapi untuk memulai menghasilkan uang dengan cepat, ambil satu saja dan berlarilah bersamanya !

Sampat bertemu di Bank...hehehe :-). Bisa aja nih si Wes Blaylock.

Sepertinya itu berlaku secara universal untuk hal lainnya ya..Kebanyakan kita ingin mempelajari banyak hal, tapi akhirnya tidak ada yang dikuasai sungguh-sungguh. Lebih baik fokus ke satu hal, kuasai dan terapkan di bidang lainnya.

Terim kasih Wes untuk nasehatnya !

No comments:




Website counter