Sunday, December 10, 2017

Reinventing Your Self Again

Menangkap Hikmah - Masih ingat dengan Nokia? Gadget yang pernah dijuluki dengan HP sejuta umat ini.. Apakah kita pikir mereka sudah tamat ?
.
Coba pikirkan lagi..
.
Pada saat bisnis handphone mereka menurun drastis, mereka jual bisnis itu ke Microsoft, dan mereka fokus ke infrastruktur jaringan (BTS, Switching dsb).
.
Sekarang Nokia network infrastructure berjaya, menjadi one of the market leader, bahkan membeli Motorola, Siemens, Alcatel dan Lucent!
.
Mereka berhasil menemukan diri mereka, re-invent themselves!
.
Sebenarnya itu bukan pertama kalinya mereka melakukan itu. Nokia dulunya adalah perusahaan yang memproduksi kayu dan hasil hutan, karet, ban mobil, kemudian mereka reinvent dan memproduksi kertas, kemudian kabel, kemudian TV, handphone dan sekarang mereka berjaya dengan network infrastructure!
Bagaimana dengan kita ?
Apakah kita siap untuk reinvent diri kita ?
Saya punya teman yang berijazah S1 di bidang arsitektur. Ia mereinvent dirinya sendiri menjadi People Development Expert. Akhirnya sekarang ia dipercaya menjadi Vice President di perusahaan tempatnya berkarir.
.
Ada lagi teman yang lulus sarjana komputer. Ia mereinvent dirinya bukan di bidang komputer tapi di konveksi. Orderannya laris dari mana2..Ia berhasil mereinvent dirinya.
.
Itu adalah beberapa contoh orang yang berhasil reinvent dirinya sendiri dan reinvent kariernya.
.
Apapun yang anda kerjakan sekarang, perusahaan apapun di mana anda bekerja sekarang, industri di mana anda bekerja sekarang, tidak ada yang akan terhindar dari disruption yang akan mengganggu bisnis anda, dan kalau anda tidak bersiap2 karier atau usaha anda bisa seperti Kodak.
.
Namun kalau anda bersiap-siap dan ready to reinvent yourself, anda bisa menjadi Fuji atau Nokia yang terus menerus sukses.
.
Jadi, apa yang anda bisa lakukan untuk reinvent yourself?
.
Ikuti kelima langkah di bawah ini ...
1. Analisa apa saja yang menjadi Kekuatan2mu saat ini.
Analisa, kenali dan catat, sebenarnya kekuatanmu itu di bidang apa? Apakah yang anda mampu lakukan dan lebih jago daripada yang lain?
Apakah itu desain ? Ataukah menjual? Meyakinkan customer? Presentasi? Berkomunikasi? atau apa? Identifikasi 3 Kekuatanmu.
.
2. Tentukan "Bidang Baru" apa yang ingin kamu tekuni.
.
Cari bidang baru atau industri baru yang kamu akan tekuni. Keluarlah dari comfort zone (zona nyaman).
Ingat comfort dan progress tidak selalu bisa berjalan bersama. Kalau kita mau comfortable (nyaman), siap siap, kita tidak akan maju.
Kalau kita mau progress (maju), siap siap, perjalanan hidup kita tidak akan comfortable (nyaman).
3. Temukan Kekuatanmu yang bisa kamu gunakan di Bidang Barumu.
.
Mungkin selama ini kamu suka menjual apa saja dan mudah dibeli orang. Berarti kamu punya kekuatan sebagai influencer, atau orang yang memiliki kemampuan mempengaruhi orang.
.
Jika selama ini kemampuan sales kamu lakukan dgn cara tradisional, dari pintu ke pintu, kamu mungkin bisa mulai mempeluaskan wilayah salesmu dg menggunakan teknologi internet.
.
Dengan belajar hal yang baru dan bidang yang baru, maka kemampuan kamu akan bertambah dan bertambah juga penghasilan kamu.
4. Pelajari ilmu dan skill yang dibutuhkan di Bidang Barumu.
.
Ingatlah, kita telah berpindah dari era senioritas atau era umur ke era agility. Sekarang bukan lagi kompetensi tentang umur atau pengalaman anda.
Sekarang adalah tentang kompetisi di mana siapa yang lebih banyak belajar dan bekerja keras yang akan memenangkan kompetisi di masa depan.
5. TERUSLAH tekuni bidang barumu dan BERANILAH menghadapi rintangan.
.
Ok, sekarang kita sudah siap melangkah, aset kita sudah cukup. Ambil resiko, galilah peluang2 yang terkubur selama ini dan beranilah mencoba.
.
Hidup adalah tentang menangkap peluang dan mengelola resiko..Beranilah untuk mencoba hal2 baru dalam bidang baru..
.
Jadi untuk menemukan dirimu kembali, to reinvent yourself and your career, coba terapkan kelima langkah di bawah ini ...
.
1. Analisa apa saja Kekuatan2mu saat ini.
2. Tentukan "bidang baru" yang ingin kamu tekuni.
3. Temukan kekuatanmu yang dapat kamu gunakan di bidang barumu.
4. Pelajari ilmu dan skill apa yg dibutuhkan di bidang barumu itu.
5. TERUSLAH tekuni bidang barumu dan BERANILAH menghadapi rintangan.
.
Selamat menemukan dirimu yang baru..Have a nice reinventing your self..
.
Semoga Allah membimbing kita semua. Aamiin.

No comments:




Website counter