Tuesday, March 06, 2007

Sedang mencari cinta ? Tulisan ini semoga membantu Anda menemukannya.

Buat yang sedang mencari pasangan, mungkin tulisan ini bermanfaat buat Anda. Saya ambilkan dari email seorang teman lama yang dikutip dari seorang Psikolog bernama Pasha. Saya edit beberapa kalimat agar lebih terarah.

Bila saatnya tiba, kita tidak lagi mencari teman jalan, tapi teman sejiwa.
Tahukah anda, perbedaan antara pria yg bisa diajak jalan dan pria yg bisa diajak menikah??

Pria yg bisa diajak jalan, memberikan saat2 indah, tapi pria yg bisa diajak menikah akan memberikan kehidupan yg indah untuk kita.

Pria yg bisa diajak menikah, biasanya pemalu di awal proses kenalan, bahkan kadang tidak menarik. Tapi individu yg justru mengawali dengan tidak terburu2 akan menjalani proses dengan baik dan berakhir dengan bahagia.

Dalam mencari jodoh yg harus dilakukan pertama kali dan paling mendasar, bangun persahabatan terlebih dahulu. Untuk menemukan cinta sejati, anda tinggal mencari sahabat terbaik, bukan pecinta ulung.

"Pasangan saya ". Sahabat yg akan menjadi pasangan anda, seseorg yg secara fisik maupun psikologis menarik hati anda. Maksudnya pasangan hidup anda harus yg nyambung.


JADIKAN SAHABAT LEBIH DULU
Jangan silau dengan penampilan fisik (misal,macho, tampan, punya mobil bagus, bla..bla..)
Sangat penting mencari tahu apa yg benar2 diinginkan. CARI PASANGAN BUAT MENIKAH BUKAN UNTUK PACARAN. Ingat perbedaan mendasar pria yg bisa diajak menikah dan yg bisa diajak jalan. Biasanya pria yg bisa diajak jalan pandai merayu, tapi tidak mampu mempertahankan hubungan.

Jangan terjebak dengan ilusi ROMANTIS. Hati2 dengan pria yg biasanya hanya bersenang2: memberikan bunga, permen atau perhatian tetapi tidak bisa memberikan dukungan saat anda melalui saat2 berat.

Pria yg mau diajak menikah mencintai anda secara keseluruhan, tidak hanya yg baik2 saja. Carilah pria yg bisa memberikan rasa aman secara emosional.

TENTUKAN BATAS DALAM BERHUBUNGAN
Ada beberapa pria yg tidak bisa diajak serius. Jika pria yg pergi dengan anda selalu melirik wanita lain (alias ganjen), jangan coba2 menjalin hubungan dengannya. Kecuali disaat2 tertentu dia ingin membuat anda jealous...(anda pasti tahu dimana dia becanda atau serius saat melirik wanita lain). Tentukan batasnya, jangan biarkan orang lain berulang2 menyakiti hati anda.

TULISLAH KUALITAS YG DIBUTUHKAN DARI SEORG PRIA
Misalnya, jika anda membutuhkan seseorg yg benar2 sensitif dan bisa diajak bicara, jangan terpaku pada pria yg tampan tapi pendiam. Jangan buang waktu berjalan dengan pria yg pada dasarnya tidak akan membuat anda bahagia. Jika anda tahu apa yg dibutuhkan (bukan hanya diinginkan) dan tahu apa yg bisa membuat anda bahagia, anda akan mampu mengenali si dia saat menampilkan kualitas dirinya, bukan hanya dari penampilan luarnya saja.

JANGAN TAKUT BERTANYA
Jika ada pria yg berjanji akan menghubungi anda tapi tidak melakukannya, anda berhak menanyakan alasannya. Sering kali wanita membuat kesimpulan keliru ttg hal ini. Pria dan wanita berbeda, mereka melakukan sesuatu dengan alasan dan motivasi yg berbeda pula. Jangan terlalu berprasangka dan berpikiran terlalu jauh atau yg nggak2. Sebaiknya minta klarifikasi atau penjelasan secara langsung dari dia...anggap saja dia montir bengkel mobil anda :).

PAHAMI TERLEBIH DAHULU, BERSAHABAT SEPERTI JUGA PERNIKAHAN, MERUPAKAN PROSES

Pada saat menjalin persahabatan memang membutuhkan waktu.
Dalam tahap ini mulailah mencari tahu seperti apa pria yg bersahabat dengan anda. Misalnya mencoba dengan mengatakan hal yg sederhana, katakan padanya anda mengalami hal yg tidak menyenangkan hari ini. Bila ia tidak bertanya MENGAPA dan malah mengalihkan pembicaraan ke topik lain, anda bisa tahu pria ini bukan org yg enak diajak berbagi perasaan.

Ingat:
kemampuan berbagi, kunci ikatan cinta sejati yg kuat.
Suatu hubungan bukanlah suatu yg anda miliki atau tidak. Melainkan merupakan kerja sama dua belah pihak, satu kesatuan, dimana terdapat saling asuh, dukungan stimulasi, kejujuran, dan banyak lagi.

MEMANDANG HUBUNGAN SEBELUMNYA SEBAGAI PELAJARAN, BUKAN KEGAGALAN
Setiap org yg terlibat dalam hidup anda, memberikan pelajaran berharga (termasuk mantan2 pacar anda). Apapun yg menimpa anda, anda bisa mengambil hikmahnya. Hubungan sebelumnya bisa dijadikan pelajaran, apa yg membuat anda bahagia dan sebaliknya. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri, tapi belajar dari kesalahan atau kegagalan sebelumnya. Ingat, berbuat KHILAF itu manusiawi, tapi jika melakukannya terus menerus, itu suatu KEBODOHAN.

JANGAN TAKUT MENCOBA, SEKALIPUN TIDAK SESUAI DENGAN HARAPAN ANDA.
Wanita seringkali terpaku pada pola harapan yg lazim ttg cinta. Misalnya: hanya menikah dengan pria yg berasal dari kota, gaul, terpelajar dan bekerja di kantor. Jangan hanya berkencan dengan tipe anda. Tipe hanyalah serangkaian sifat yg ada pada seseorang. Anda kan tidak berkencan dengan serangkaian tipe itu, melainkan secara keseluruhan. Banyak pria dan wanita tidak memanfaatkan waktu secara keseluruhan, untuk menganalisa apa yg sebenarnya diinginkan.

JADILAH DIRI ANDA SENDIRI
Ada empat kualitas utama dari seseorg, entah itu pria atau wanita, yg
bisa membuat org lain tertarik:
1. autentik (asli)
2. dapat dipercaya
3. genuine (tulen/rajin)
4. tidak plin-plan alias konsisten

Pria dan wanita yg bisa di percaya, selalu jujur dan menjadi dirinya sendiri, akan dapat menikmati kehidupan dan akhirnya menemukan CINTA SEJATINYA!

No comments:




Website counter